Profil Program studi

Pendidikan Administrasi Perkantoran

Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran (P.Adp) Universitas Negeri Malang (UM) merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin membangun karir cemerlang di bidang administrasi perkantoran. Program studi ini dirancang untuk membekali Anda dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi profesional handal di era modern.

Kurikulum S1 P.Adp UM dirancang dengan menggabungkan teori dan praktik, sehingga Anda akan mendapatkan ilmu yang relevan dengan kebutuhan industri. Anda akan belajar tentang manajemen perkantoran, teknologi informasi dan komunikasi, kewirausahaan, dan pedagogi. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk magang di berbagai perusahaan dan organisasi untuk mempraktikkan ilmu yang telah dipelajari.

 

Visi dan Misi

Visi Keilmuan

“Mengembangkan keilmuan bidang Pendidikan administrasi perkantoran yang berdaya saing global dan adaptif terhadap perkembangan teknologi digital”.

 

 

Misi Prodi ADP

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, memiliki nilai-nilai global, serta memiliki semangat untuk mewujudkan diri sebagai pembelajar seumur hidup (lifelong learner).
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi pembelajaran secara adaptif dan inovatif sesuai dengan perkembangan pengetahuan, lingkungan, dan teknologi di bidang pendidikan administrasi perkantoran.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menganalisis dan mengaplikasikan keilmuan administrasi perkantoran sesuai perubahan pengetahuan, lingkungan, teknologi, dan ketidakpastian di masa mendatang, sehingga lulusan dapat berdaya saing global serta adaptif dengan perubahan.
  4. Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan admnistrasi perkantoran dan administrasi perkantoran untuk merespon beragam perubahan pengetahuan, lingkungan, dan teknologi di bidang pendidikan administrasi perkantoran maupun administrasi perkantoran. Kemudian mengaplikasikan temuan penelitian dan mendiseminasikannya sebagai bentuk adaptabilitas dalam merespon ketidakpastian yang terjadi baik di masa saat ini maupun masa mendatang.
  5. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan administrasi perkantoran maupun administrasi perkantoran untuk membantu mengembangkan model pemberdayaan masyarakat yang inovatif dan inklusif, melakukan alih teknologi untuk menguatkan masyarakat agar memiliki kemampuan tech-savvy, serta memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat sesuai perkembangan keilmuan di bidang pendidikan administrais perkantoran maupun administrasi perkantoran.
  6. Menyelenggarakan program-program untuk menguatkan hubungan dengan pihak internal (dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa), serta eksternal (program studi di perguruan tinggi lain baik dalam maupun luar negeri, alumni, serta pengguna lulusan), untuk memastikan relevansi kurikulum dengan kebutuhan di masyarakat dan industri.

Tujuan Prodi ADP

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter (berakhlak mulia) dan memiliki nilai-nilai global seperti modernisasi, hak asasi manusia, toleransi, dan demokrasi. Serta memiliki semangat untuk terus belajar hal baru meskipun telah dinyatakan lulus.
  2. Menghasilkan lulusan yang layak dan siap menjadi pendidik di bidang administrasi perkantoran, diwujudkan melalui kemampuan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara adaptif dan inovatif sesuai dengan perkembangan pengetahuan, lingkungan, dan teknologi di bidang administrasi perkantoran.
  3. Menghasilkan lulusan yang layak dan siap bekerja di bidang administrasi perkantoran, diwujudkan melalui kemampuan dalam menganalisis dan mengaplikasikan keilmuan administrasi perkantoran sebagai modal utama beradaptasi dengan perubahan pengetahuan, lingkungan, dan teknologi di bidang administrasi perkantoran, serta persaingan global.
  4. Meningkatkan kualitas karya penelitian dan menguatkan pelaksanaan diseminasi karya penelitian di bidang pendidikan administrasi perkantoran dan administrasi perkantoran untuk berkontribusi dalam merespon beragam perubahan dan ketidakpastian.
  5. Meningkatkan kualitas karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan administrasi perkantoran dan administrasi perkantoran, serta pengembangan model pemberdayaan masyarakat yang inovatif, inklusif, dan fokus kepada alih teknologi untuk menyiapkan masyarakat yang tech-savvy.
  6. Menguatkan hubungan internal (dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa) dan eksternal (program studi di perguruan tinggi lain baik dalam maupun luar negeri, alumni, serta pengguna lulusan) untuk memastikan relevansi kurikulum dengan kebutuhan di masyarakat dan industri.

Dr. Madziatul Churiyah, S.Pd, M.M.

Koordinator Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran

Lulusan S1 P.Adp UM memiliki peluang kerja yang luas di berbagai sektor, seperti menjadi guru di bidang administrasi perkantoran. perusahaan multinasional, BUMN, startup, organisasi nirlaba, dan lembaga pendidikan. Anda dapat bekerja sebagai staf administrasi, sekretaris, asisten manager, ataupun trainer 

Profil Lulusan

Adapun profil Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran adalah “Sarjana Pendidikan Administrasi Perkantoran yang mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran administrasi perkantoran secara kritis pada jenjang pendidikan menengah kejuruan, dan mampu merencanakan, mengorganisasikan, melaksankan, dan mengawasi pekerjaan administrasi perkantoran, serta memiliki kapabilitas untuk memecahkan masalah, mengembangkan inovasi pembelajaran dan praktisi administrasi perkantoran yang mempunyai semangat kewirausahaan sesuai dengan tantangan dan peluang perkembangan terkini”.

Pendidikan Adminstrasi Perkantoran

Dosen

Mahasiswa

Lulusan

Pendidikan administrasi perkantoran telah mengantarkan saya menuju karir impian sebagai dosen. Berkat pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama masa studi, seperti manajemen perkantoran, teknologi informasi, pedagogi, dan kewirausahaan, saya memiliki fondasi yang kokoh dalam memahami berbagai aspek pendidikan dan pengajaran. Saya mampu merancang pembelajaran yang menarik, menyampaikan materi dengan jelas, dan membangun interaksi yang positif dengan mahasiswa

Durinta Puspasari, S.Pd., M.Pd

Dosen Administrasi Perkantoran UNESA

Pendidikan administrasi perkantoran telah mengantarkan saya menuju cita-cita sebagai seorang guru. Saya mampu merancang pembelajaran yang menarik, menyampaikan materi dengan jelas, dan membangun interaksi positif dengan siswa. Kemampuan berpikir kritis dan kreatif membantu saya dalam mengembangkan materi pembelajaran yang inovatif dan menjawab kebutuhan siswa

Ribowo Abdul Latif.,S.Pd

Kaprodi Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis SMKN 1 Ponorogo

Pendidikan administrasi perkantoran telah memberikan saya banyak manfaat dalam meraih kesuksesan. Saya dibekali dengan berbagai keterampilan praktis, seperti manajemen perkantoran, teknologi informasi, dan kewirausahaan, yang membantu saya dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan dengan efektif. Kemampuan beradaptasi dan problem solving yang saya dapatkan juga membantu saya dalam menghadapi berbagai situasi dan tuntutan pekerjaan.

Ari Gunawan

CEO PTP Ekosistem Kerabatani Indonesia

Bergabunglah Bersama Kami

Bergabunglah dengan S1 P.ADP UM dan wujudkan masa depan cerah Anda!

+62 856-4988-2424

manajemenfe@um.ac.id

Open chat
Butuh bantuan??
Hallo ada yang bisa kami bantu?